Ads Top

Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Jika Bisa Mengatur Ritme Napasmu Seperti Ini, Atasi Imsonia hingga Sehatkan Fisik & Mental

BINAHUSSADA - https://binahussada.blogspot.com

BINAHUSSADA - Merasa sedang tertekan karena work from home atau karena pandemi maupun kondisi tertentu akan membuat pikiran menjadi stres. Stres bisa kamu atasi dengan banyak cara, mulai mencari hiburan kesukaan dan rehat sejenak atau lakukan rekomendasi dari Beautynesia satu ini yaitu mengatur napas atau controlled breathing.


Controlled breathing adalah cara untuk break dan fokus ke mengatur pernapasan dalam beberapa menit. Controlled breathing akan sangat bermanfaat untuk tubuh karena sesungguhnya sistem pernapasan kita terhubung langsung dengan sistem saraf otonom yang berperan memberikan reaksi terhadap stres yang sedang kamu hadapi.


Banyak yang meremehkan pentingnya mengatur pernapasan dan mengendalikannya secara sadar. Padahal, controlled breathing atau mengatur pernapasan membawa banyak manfaat ke kesehatan fisik, mental, dan emosional. Apa saja manfaatnya? Ini dia!


Menenangkan Otak


Dengan memperlambat laju pernapasan, mengendalikan, dan memperpanjang panjang napasmu, kamu mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa kamu sedang aman. Hal ini akan membantu tubuh merasa rileks, sehingga pikiran dan otakmu jadi lebih tenang.


Saat kamu merasa stres, cemas, atau kelelahan mental, tubuh akan otomatis melakukan respon simpatik berupa meningkatkan aliran darah ke otot, sehingga detak jantung dan pernapasan juga akan lebih cepat.


Baca juga: 5 Sumber Tenaga Dalam ini Bisa Anda Pelajari Sendiri di Rumah, inilah Panduannya


Dengan mengontrol dan mengendalikan laju napas, secara sederhana, kamu merekayasa respon alami tubuh kembali ke respon parasimpatis yang membuat sistem perbaikan sel dan pencernaan berjalan normal.


Jangan sampai kamu membiarkan tubuh berlama-lama dalam kondisi stres dan respon simpatik karena, dalam jangka panjang, akan menjadikan sistem pencernaan, reproduksi, dan kekebalan tubuh menjadi bukan prioritas lagi. Hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan.


Menghilangkan Emosi Negatif


Mengendalikan pernapasan akan memberikan peningkatan signifikan ke emosi dan ekspresi negatif beripa kesedihan, jijik, kelesuan, ketakuan, dan sengsara. Lakukan controlled breathing dalam beberapa menit agar emosimu lebih mudah terkontrol.


Fokus dan Konsentrasi Jadi Lebih Mudah


Controlled breathing adalah cara taking a break dan menenangkan diri yang dapat membantu fokus dan konsentrasi kembali menyala. Mengendalikan pernapasan akan mendukung kesehatan fisik, mental, dan emosional menjadi lebih baik, sehingga kamu bisa berpikir, bertindak, memutuskan, dan action dengan lebih bijak dan baik.


Melawan Insomnia


Dalam kondisi stres, tubuh bisa memberikan respon berupa insomnia karena pikiran sedang penuh akan banyak hal. Controlled breathing akan membantu otak jadi lebih tenang sehingga gejala yang terkait dengan kesemasan, depresi, dan gangguan stres pascatrauma berupa kesulitan tidur akan berkurang.


Itu dia yang apa yang dimaksud dengan mengatur napas atau controlled breathing yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres yang sedang kamu alami. Mengatur napas juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental dan fisik.


Baca juga: 8 Gerakan Yoga yang Bermanfaat untuk Hilangkan Pegal Linu & Stres, Cocok Anda Lakukan di Pagi Hari!


So, pastikan kamu lakukan kapan saja di saat kamu membutuhkan untuk reset pikiran. 


Sumber:

Beautynesia.ID - Mengatur Napas dan Pengaruhnya untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Jika Bisa Mengatur Ritme Napasmu Seperti Ini, Atasi Imsonia hingga Sehatkan Fisik & Mental Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Jika Bisa Mengatur Ritme Napasmu Seperti Ini, Atasi Imsonia hingga Sehatkan Fisik & Mental Reviewed by Tabib Wira on 01:56 Rating: 5