Ads Top

Penting! 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan setelah Olah Raga, Ini Alasannya

BINAHUSSADA - https://binahussada.blogspot.com

BINAHUSSADA -  Pemulihan pasca olahraga sangat penting untuk dilakukan. Pemulihan akan memberi tubuh perhatian yang diperlukan dan sama pentingnya dengan pemanasan.


Dilansir dari sheknows.com, berikut ini adalah beberapa hal pertama yang harus segera kamu lakukan setelah olahraga. Penasaran apa saja?


Hidrasi


Tubuh kehilangan cairan selama kamu olahraga, sehingga hidrasi sangat penting untuk meningkatkan pemulihan. Air mendukung semua fungsi metabolisme dalam tubuh.


Ketika olah raga untuk jangka waktu lama, tubuh akan kehilangan garam dan elektrolit. Air kelapa dapat membantu mengisi kembali kedua hal tersebut dengan kandungan kaliumnya.


Peregangan


Peregangan memungkinkan detak jantung dan sistem saraf menjadi tenang. Biarkan tubuh melambat dengan peregangan, karena jika tidak, darah dapat menggenang dan saat itulah kamu mengalami kram setelah olahraga.


Mengatasi Peradangan


Setiap olahraga akan menyebabkan robekan mikroskopis pada serat otot dan ini tugas proses pemulihan untuk membantu memperbaiki kerusakan yang disebabkan selama olahraga. Es dapat membantu mengurangi peradangan.


Makan Sedikit Protein


Ambillah 20 sampai 30 menit setelah olahraga untuk mengonsumsi sedikit protein. 


Baca juga: Cara Cepat Miliki Payudara Besar & Indah, Anda Cukup Lakukan 5 Hal Ini: Yoga, Daun Sirih hingga Pijat


Ini akan mengoptimalkan pemulihan, membantu mengurangi nyeri otot, dan membantumu tampil lebih baik di olahraga berikutnya.


Mendengarkan Tubuh


Tubuh dibangun secara berbeda, maka proses pemulihannya pun berbeda. Jika kamu merasa lelah atau sakit, sebaiknya hentikan olahraga dan sisihkan waktu lebih banyak untuk pemulihan. Selamat mencoba!


7 Makanan untuk Tingkatkan Energi sebelum Olah Raga


Olah raga dengan perut kosong tidak dianjurkan, begitu juga makan dengan rentang waktu yang begitu dekat sebelum olahraga. Jadi apa yang harus dilakukan?



Ya, kamu harus makan sebelum olahraga, namun perhatikan lagi apa yang kamu konsumsi. Makanan yang kamu konsumsi harus disesuaikan dengan jenis olahraga, waktu, dan bagaimana reaksi tubuhmu terhadap makanan tersebut.


Baca juga: Gunakan 7 Gerakan Simpel Ini, Dijamin Perut Buncitmu Akan Rata & Langsing Selamanya


Menurut para ahli yang dilansir dari byrdie.com, mengonsumsi camilan sehat sebelum olah raga dapat memberi energi tambahan untuk aktivitas fisik yang lebih maksimal. Otot menggunakan adenosin trifosfat (ATP) sebagai sumber energi untuk olahraga, sehingga karbohidrat, protein, dan lemak akan dikonversi menjadi ATP.


Karbohidrat paling mudah tersedia dan mudah dikonversi, serta merupakan satu-satunya bahan bakar yang dapat digunakan tanpa oksigen. Sedangkan protein bermanfaat untuk membantu memperbaiki dan membangun otot saat olah raga, juga akan membuatmu kenyang.


Beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum olahraga!


1. Pisang dengan peanut butter


Selain mudah dicerna, pisang juga mengandung kalium yang penting untuk memberi nutrisi dalam mencegah kelelahan ketika olahraga.


2. Toast dengan nut butter


Makanan ini mengandung kebaikan dari biji-bijian dan protein dari mentega. Kamu juga bisa menambahkan beberapa irisan pisang.


3. Oatmeal dengan buah-buahan


Oatmeal kaya akan kandungan karbohidrat, menjadikannya sumber energi yang bagus untuk olahraga. Tambahkan buah ke dalamnya untuk sumber gula yang baik.


4. Smoothie


Smoothie yang dibuat dari 1 cangkir buah dan 2 cangkir sayuran sangat baik untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Smoothie ini mengandung karbohidrat yang mudah dicerna, serta serat dan nutrisi sehat lainnya.


5. Toast dengan telur rebus


Telur rebus adalah sumber protein yang baik, sedangkan roti akan menambah karbohidrat yang diperlukan tubuh sebelum olahraga.


6. Buah kering dengan kacang


Buah adalah sumber karbohidrat yang mudah dicerna.


Baca juga: 9 Tips Gerakan Olahraga untuk Payudara yang Lebih Besar dan Kencang, Berikut Video Tutorialnya


Pasangkan dengan kacang untuk protein tambahan.


7. Bar gandum utuh


Sumber energi yang cepat adalah bar gandum yang kaya akan serat. Makanan ini juga praktis karena kamu bisa memakannya saat berpergian


Sumber:
Fimela.Com

Penting! 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan setelah Olah Raga, Ini Alasannya Penting! 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan setelah Olah Raga, Ini Alasannya Reviewed by Tabib Wira on 00:36 Rating: 5