Ads Top

Penyebab dan Tanda Orang Mandul yang Tidak Banyak Diketahui Orang

https://binahussada.blogspot.com

BINAHUSSADA - Dalam khasanah budaya Jawa (tempo dulu), orang tua mempunyai peran yang sangat besar dalam menentukan arah kehidupan bagi anak-anaknya. Khususnya dalam menentukan calon pasangan hidup bagi anaknya.

Kwalifikasi calon menantunya dilihat dari segi bobot, bibit dan bebetnya.

Ajaran Jawa tersebut bisa menjadi ajaran yang adi luhung bila masih berada dalam batas kewajaran.

Salah satu kriteria yang dilihat oleh orang tua untuk calon menantunya adalah faktor bibit atau garis keturunannya.

Dengan mengetahui garis keturunan, maka akan diketahui watak calon menantunya. Karena tak bisa dipungkiri, nilai pendidikan dalam sebuah keluarga akan sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter seseorang.

Baca juga: 
• 6 Cara Deteksi Dini Penyakit Kronis yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

• Kegunaan Minyak Wangi yang Tidak Disangka-sangka untuk Kesehatan

Melihat garis keturunan juga mempunyai tujuan untuk memprediksi tingkat kesuburan calon menantunya. Karena genetika orang tua pasti akan diturunkan pada anaknya. Contoh, bila seseorang mempunyai anak yang banyak, maka ada kemungkinan anaknya tersebut akan mewarisi kesuburan orang tuanya.

Ngelmu titen orang jawa dalam memprediksi tingkat kesuburan seseorang berdasarkan garis keturunan bisa benar, dan bisa juga salah. Maklum, namanya saja ilmu titen, prediksi berdasarkan kemungkinan.

Tanda-tanda Impotensi dan Mandul pada Lelaki 

Tingkat kesuburan lelaki bisa rusak karena beberapa sebab. Dan bisa berujung pada kemandulan.

Bisa jadi kemandulan tersebut disebabkan oleh penyakit kronis, cidera dan gaya hidup yang tidak sehat. Sperma yang rendah, gangguan pada saluran sperma, penyakit menurun, ketidak seimbangan hormon, dan pelebaran pembuluh darah vena di testis bisa menjadi faktor dominan seorang lelaki menjadi mandul.

Lalu apa tanda-tandanya lelaki yang mengalami kemandulan?

Ada beberapa tanda yang dimiliki oleh seorang lelaki yang mengalami kemandulan. Ketidak mampuan menghamili istrinya (yang subur) setelah sekian tahun menikah, itulah tanda-tanda yang paling jelas dari seorang lelaki yang mengalami kemandulan.

Selain itu, ada beberapa tanda lainnya dari seorang lelaki yang mengalami kemandulan. Di antaranya adanya gangguan seksual; hilangnya keinginan untuk berhubungan badan, gangguan ereksi, dan kesulitan dalam mencapai klimak atau ejakulasi.

Lelaki yang mengalami kemandulan sering kali ditandai dengan nyeri pada kemaluan, dan terdapat benjolan atau bengkak di sekitar testis.

Payudara membesar di luar kewajaran termasuk tanda-tanda kemandulan seorang lelaki.

Baca juga:  Inilah Gejala Depresi Berat yang Perlu Anda Waspadai

Itulah di antara tanda-tanda kemandulan pada seorang lelaki. Tak cukup bersedih bila mengalami kandulan. Cincing tali wondo, bersegeralah pada pertolongan Tuhanmu. Berobatlah pada dokter atau thabib yang mempunyai kompetensi dalam bidang tersebut! Wallahu a'lam.

5 Ciri Wanita Mandul yang Perlu Anda Tahu

Ada takdir dari Tuhan yang hasil akhirnya diserahkan kepada hamba-Nya. Segala sesuatunya diserahkan pada hasil usaha hamba-Nya (kauniyah). Salah satunya adalah kesehatan.

Bisa jadi seorang wanita yang reproduksinya sehat menjadi mandul karena kurang bisa menjaga kesehatannya.

https://binahussada.blogspot.com
Telemovie Malaysia via Youtube
Dengan begitu, kemandulan yang terjadi pada pria dan wanita adalah sebuah penyakit. Dan sudah seharusnya untuk dicarikan obatnya.

Dalam ilmu kedokteran modern, seorang wanita yang reproduksinya sehat kemudian menjadi mandul, sebelumnya akan disertai beberapa tanda gangguan pada tubuh.

Berikut beberapa tanda gangguan kesehatan yang menjadi sebab kemandulan pada seorang wanita.

1. Kedinginan

Bila seorang wanita telapak tangan dan kakinya terasa dingin, meski berada di suhu udara yang panas. Dan terjadi dalam jangka waktu yang lama, bisa dipastikan ada gangguan hormon tiroid yang kurang aktif.

Gangguan hormon tiroid akan mengakibatkan ovulasi dan menstruasi menjadi tidak teratur.

Selain itu dampak gangguan hormon tiroid akan menyebabkan seorang wanita menjadi pelupa, kulit kering dan rasa lelah di tubuh yang berkepanjangan.

Bila seorang wanita yang masih di usia subur mengalami tanda-tanda gangguan hormonal, sebaiknya segera cek up kadar hormonalnya. Dengan begitu akan bisa segera diobati gangguan hormon tiroidnya. Dan bisa mencegah kemandulan.

2. Kram Menstruasi

Rasa sakit yang tidak lazim ketika menstruasi akan mengakibatkan kemandulan. Bila berlangsung dalam jangka waktu yang lama (bertahun-tahun).

Pengalaman penulis sebagai seorang praktisi pengobatan, pernah ada seorang pasien yang terkapar dan tidak mampu berbuat apa-apa ketika sedang datang bulan (menstruasi).

Baca juga: 5 Tanda Berbahaya yang Perlu Anda Waspadai dari Penyumbatan Arteri

Hal tersebut terjadi karena dinding rahim berada tidak pada mestinya.

Kondisi tersebut yang mengakibatkan dirinya belum juga dikaruniai keturunan.

Kelainan menstruasi seperti ini kalau tidak segera ditangani, dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan kemandulan.

3. Disfungsi Ovulasi

Bila seorang wanita 'sering' mempunyai siklus menstruasi yang tidak teratur, menstruasi terjadi lebih dari tiga puluh lima hari, atau kurang dari perdua puluh satu hari; bisa jadi ada permasalahan pada ovulasi.

Permasalahan ovulasi yang menyebabkan siklus mentruasi tidak teratur bila terjadi dalam jangka waktu yang lama akan bisa mengakibatkan kemandulan.

4. Puting Susu Berair

Seorang wanita yang sedang tidak hamil dan tidak sedang menyusui, namun mengeluarkan cairan dari puting susunya, itu terjadi karena hormon prolaktin (air susu) yang berlebihan.

Prolaktin yang tinggi akan mempengaruhi ovarium untuk berhenti berproduksi.

Banyak hal yang menyebabkan hormon prolaktin berlebihan. Bisa karena gangguan hormon tiroid, tumor di kelenjar pituari dan lain sebagainya.

5. Obesitas

Banyak riset menyebutkan, salah satu penyebab kemandulan pada seorang wanita adalah obesitas.

Obesitas akan mengacaukan ovarium untuk berevulasi untuk mengeluarkan sel telur.

Itulah tanda-tanda kemandulan pada seorang wanita. Bila hal tersebut tidak segera diobati akan mengakibatkan kemandulan permanen. Wallahu a'lam.
Milik Allah kerajaan yang ada di langit dan bumi. Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, memberikan anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki, dan memberikan anak laki-laki kepada siapa yang Dia kehendaki. Dia juga menganugerahkan jenis laki-laki dan perempuan, dan menjadikannya mandul pada siapa yang Dia kehendaki. Dia Maha Mengetahui, Maha Kuasa - QS. Asy-Syura, Ayat 49-50
Dan bila sudah tervonis mandul, tetaplah berusaha. Berobat dan memohonlah pertolongan Tuhan. Wallahu a'lam.

Yogyakarta, 10 Juni 2019
Penulis: Thabib Wira

Baca juga: Sebuah Cara Baru untuk Menurunkan Berat Badan dengan Mudah
Penyebab dan Tanda Orang Mandul yang Tidak Banyak Diketahui Orang Penyebab dan Tanda Orang Mandul yang Tidak Banyak Diketahui Orang Reviewed by Tabib Wira on 17:48 Rating: 5