Ads Top

Rahasia Tubuh Sehat Tidak Mudah Sakit dengan Olah Senyum, inilah Faktanya

BINAHUSSADA - https://binahussada.blogspot.com

BINAHUSSADA - Setiap amalan yang diperintahkan Baginda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.bagi umatnya selalu mempunyai kebaikan dari berbagai dimensi. Bisa berdampak kebaikan di dunia, dan juga kebaikan di akhirat. Kebaikan bagi jasmani dan ruhani.

Salah satu amalan yang disunahkan adalah perintah untuk menebarkan senyum.

Tentu bukan sembarang senyum. Akan tetapi senyuman yang murni keluar dari lubuk hati yang tulus. Bukan senyuman yang modus.

Senyuman yang tulus akan bernilai sedekah. Orang yang menerima sebuah senyuman yang tulus pasti juga akan merasa bahagia.
‎Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah - HR. Tirmidzi No.1956
Sikap hangat dalam interaksi sosial (yang ditandai) dengan senyuman yang tulus akan menyambungkan gelombang langit pada orang yang menebarkan senyuman.

Tersambungnya gelombang langit pada orang yang menebarkan senyuman akan direspon positif oleh jiwa dan raga.

Janganlah engkau meremehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun itu berupa cerahnya wajahmu ‎terhadap saudaramu - HR. Muslim No. 2626

Meski amalan yang ringan, namun terkadang sebuah senyuman akan sangat sulit dilakukan oleh orang yang sedang gundah gulana.

Untuk itu tetaplah berwajah cerah. Minimal jangan menampkan wajah sinis dan masam ketika sedang berinteraksi dengan orang lain. Meskipun hati sedang bergelombang, beriak karena duka lara.

Fakta Sains Manfaat Senyuman yang Tulus

Dalam ilmu kedokteran modern dikenal zat beta endhorpin. Zat tersebut terdapat pada morphin.

Di dunia kedokteran modern, zat beta endhorpin digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit (bius) pada orang yang akan dioperasi.
Dan yang sangat menakjubkan dari zat Beta Endhorphin tersebut bisa dihasilkan oleh tubuh manusia.

Secara ilmiah tubuh manusia akan mengeluarkan zat beta endhorpin ketika jiwanya tenang dan bahagia.

Zat beta endhorpin yang dikeluarkan oleh tubuh mempunyai 200 kali lipat dari zat yang terdapat pada morphin.

Perbedaan mencolok efek zat beta endhorpin yang terdapat pada morphin dan yang terkandung di dalam tubuh manusia adalah dampaknya bagi kesehatan.

Zat beta endhorpin mempunyai efek membius. Maka hanya diperkenankan untuk keadaan darurat saja. Misal untuk membius orang yang akan dioperasi.

Berbeda halnya zat beta endhorpin yang dikeluarkan tubuh manusia. Zat tersebut mampu mempercepat penyembuhan penyakit darah tinggi, stroke dan jantung.

Ketika tubuh mengeluarkan zat beta endhorpin, secara otomatis pembuluh darah akan berkontraksi atau melebar. Peredaran darah pun menjadi lancar, dan organ-organ tubuh yang mengalami gangguan atau sakit pun akan menjadi membaik.

Lalu bagaimana proses terjadinya zat beta endhorpin pada tubuh?

Otak manusia secata otomatis akan mengeluarkan zat endhorpin ketika tersenyum. Dan bisa tiga kali lipat dihasilkan zat beta endhorpin oleh otak ketika seseorang sedang jatuh cinta dan tertawa lepas (senang).
Perbuatan baik itu menenangkan dan membahagiakan - Fastabiqul Khairat
Masya Allah, sungguh luar biasa kehendak Allah. Dengan demikian tak ada alasan lagi bagi kita untuk selalu belajar menebarkan senyuman yang tulus. Dan menebarkan salam pada semesta. Bumi dan langit pun akan ridha karenanya. Itulah hakikatnya Islam. Islam yang rahmatan untuk semesta.

Penyusun: Thabib Wira
Rahasia Tubuh Sehat Tidak Mudah Sakit dengan Olah Senyum, inilah Faktanya Rahasia Tubuh Sehat Tidak Mudah Sakit dengan Olah Senyum, inilah Faktanya Reviewed by Tabib Wira on 07:30 Rating: 5