Ads Top

Daftar Makanan, Minuman, Cemilan dan Sayuran yang Bisa Bikin Gemuk

BINAHUSSADA - https://binahussada.blogspot.com

BINAHUSSADA - Memiliki berat badan ideal menjadi dambaan setiap orang. Tentunya, untuk mencapainya perlu usaha. Selain olahraga juga harus menghindari beberapa makanan dan minuman yang bikin gemuk.


Tubuh gemuk sebenarnya bukan berarti tidak sehat. Akan tetapi sebaiknya kita memiliki berat badan yang ideal, tidak terlalu gemuk ataupun kurus. Karena tubuh yang terlalu kurus pun berisiko mengalami berbagai penyakit seperti tulang keropos, masalah kesuburan dan anemia.


Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang bisa bikin gemuk, dan harus Anda hindari saat program diet!


Minuman Bersoda


Minuman ini mengandung asam fosfat yang bersifat menimbun lemak di dalam tubuh. Minuman bersoda juga mengandung gula pemanis buatan. Sehingga kandungan karbohidratnya tinggi dan bisa berdampak langsung pada berat badan.


Susu


Susu digunakan sebagai penambah berat badan atau pembangunan otot. Susu juga memberikan keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak baik serta sumber kalsium yang baik dan vitamin serta mineral.


Baca juga: Gunakan 7 Gerakan Simpel Ini, Dijamin Perut Buncitmu Akan Rata & Langsing Selamanya


Selain itu, penelitian menemukan bahwa susu atau whey dan kombinasi kasein dapat menyebabkan peningkatan massa yang lebih besar daripada protein lainnya. Jika tak ingin gemuk sebaiknya pilih susu yang rendah kalori.


Nasi putih


Nasi merupakan sumber karbohidrat yang bisa berkontribusi dalam penambahan berat badan. Dalam 165 gram nasi mengandung sekitar 190 Kkal. Nasi bisa menjadi pemicu kegemukan jika dikonsumsi terlalu banyak atau melebihi jumlah asupan karbohidrat dalam sehari.


Manfaat Konsumsi Santan, Bisa Turunkan Berat Badan hingga Perkuat Imunitas Foto: Getty Images/WillSelarep


Minuman Berenergi


Meskipun memiliki rasa dan manfaat untuk menambah energi para peminumnya, minuman ini ternyata mengandung gula dan kafein yang tinggi.


Kandungan tersebut bila tidak dimanfaatkan secara maksimal bisa mengendap menjadi lemak di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan menjadi gemuk.


Kopi Kekinian


Kopi menjadi salah satu minuman yang bisa bikin gemuk. Bukan kopi yang diseduh tanpa gula. Akan tetapi kopi kekinian ini adalah racikan kopi yang dibuat dengan mencampurkan susu dan gula ke dalamnya sehingga rasa lebih enak.


Bahkan beberapa penjual ada yang mencampurkannya dengan whipped cream yang memang mengandung tinggi kalori.


Minuman Kemasan


Minuman yang bikin gemuk lainnya adalah minuman kemasan. Biasanya, minuman tersebut melewati banyak proses hingga akhirnya diedarkan ke masyarakat.


Baca juga: Rahasia Turunkan Berat Badan dengan Mudah, Ganti Gula Pasir Anda dengan ini


Untuk mencapai rasa yang pas dan tahan lama, minuman kemasan biasanya menggunakan pengawet hingga gula yang tinggi.


Fast Food


BINAHUSSADA - https://binahussada.blogspot.com

Fast food memiliki sensasi rasa yang gurih. Makanan ini dikenal memiliki kalori yang cukup besar. Salah satu fast food yang terkenal adalah ayam goreng tepung hingga burger. Semuanya dibuat dengan karbohidrat dan protein, minim kandungan serat dari sayur.


Makanan Bersantan


Makanan yang mengandung santan memiliki rasa gurih dan paling digemari. Akan tetapi makanan bersantan masuk dalam kategori makanan yang bisa bikin gemuk karena mengandung lemak jenuh dan kalori yang tinggi.


Jus Smoothies


Jus dari buah-buahan memang diketahui banyak mengandung manfaat dan vitamin. Namun sayang, minuman tersebut biasanya diolah bersama susu atau yoghurt sehingga kalori yang terkandung tinggi.


Kalori yang tinggi diketahui berasal dari gula pemanis di dalam susu atau yoghurt. Maka dari itu, jus smoothies menjadi minuman yang bikin gemuk cepat.


Alkohol


Minuman beralkohol ternyata memiliki kalori mencapai 120 kkal per botolnya. Selain itu, minuman ini juga tidak memiliki kandungan nutrisi sehingga bisa menjadi tumpukan lemak dalam tubuh.


Camilan yang Bikin Gemuk


Kebiasaan ngemil memang sangat mengasyikkan. Walaupun begitu, beberapa camilan justru memiliki kalori yang besar sehingga bisa membuat tubuh cepat gemuk.


Misalnya, camilan kacang-kacangan diketahui memiliki kalori mencapai 200 kkal per 1 ons-nya. Padahal, banyak yang tidak sadar ketika mengonsumsi camilan ini apakah banyak atau sedikit.


Agar lebih sehat, jenis kacang bisa diganti dengan kacang almond, rebus, maupun mete. Sehingga, detikers bisa menambah bobot tubuh dengan cara yang lebih sehat.


Camilan lainnya adalah keju, makanan ini memiliki rasa yang gurih sehingga banyak orang yang suka menjadikannya camilan. Namun ternyata, keju mengandung kalori serta lemak jenuh yang tinggi sehingga bisa berdampak pada kesehatan tubuh.


Sayuran yang Bikin Gemuk


Percaya tidak percaya, ada sayuran yang bisa membuat tubuh menggemuk jika dikonsumsi berlebihan lho. Kentang menjadi salah satu sayuran yang memiliki tingkat karbohidrat yang tinggi.


Baca juga: Panduan Lengkap Latihan Crunch untuk Melangsingkan Perut Buncit


Terlebih, kentang sering diolah dengan cara digoreng sehingga menambah kalori yang terdapat di dalam makanan tersebut. Diketahui, kalori kentang goreng bisa mencapai 311 kkal per 100 gramnya lho.


Selain kentang, ada juga jagung manis. Jagung memiliki kalori mencapai 366 kkal per 100 gramnya. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi sayuran di atas dengan batasan yang tepat ya.


Makanan yang Bikin Gemuk di Malam Hari


Makan di tengah malam tentu menjadi godaan setiap orang. Apalagi ditambah dengan mengonsumsi makanan beku seperti nugget bisa memicu kegemukan dalam seminggu.


Nugget diketahui mengandung banyak minyak, gula, garam sehingga total kalori di dalam makanan tersebut sangat tinggi. Apalagi saat makanan tersebut dipanaskan, maka nutrisi di dalamnya akan ikut berkurang.


Baca juga: Sebuah Cara Baru untuk Menurunkan Berat Badan dengan Mudah


Kemudian, ada juga pelengkap makanan yakni saos tomat yang bisa memicu kenaikan badan. Makanan ini mengandung High Fructose Corn Syrup (HFSC) yang kandungan gulanya sangat tinggi.


Sumber:

Detik.Com

Daftar Makanan, Minuman, Cemilan dan Sayuran yang Bisa Bikin Gemuk Daftar Makanan, Minuman, Cemilan dan Sayuran yang Bisa Bikin Gemuk Reviewed by Tabib Wira on 07:16 Rating: 5